TIK dan Masyarakat

A. KESIAPAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENGELOLA TIK 

Ciri-ciri masyarakat dengan teknologi informasi modern

Telah sering dikatakan bahwa dunia dewasa ini dihadapkan kepada berbagai macam “ledakan”. Misalnya, ada ledakan penduduk, ledakan teknologi dan ada pula ledakan informasi.Yang dimaksudkan dengan ledakan di sini adalah tekanan nyata daripada sesuatu terhadap berbagai segi kehidupan masyarakat yang terjadi pada proporsi yang belum pernah dialami sebelumnya. Terlepas dari kenyataan apakah arah ledakan itu menurus kepada hal-hal yang “baik” dan/atau “buruk”, yang jelas ialah bahwa pengaruh ledakan itu dirasakan oleh para anggota masyarakat.
Salah satu ledakan yang paling dirasakan kuatnya dewasa ini adalah ledakan informasiLedakan tersebuttimbul sebagai akibat daripadaperkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Jika proporsiledakan informasi itu terus meningkat, maka kiranya dapat dibuat suatu assumsibahwa di masa-masa yang akan datang, pengaruh dan peranan informasi dalamtata kehidupan seseorang, suatuorganisasi, suatu negara dan dunia akansemakin terasa pula. Dengan perkataanlain, akan timbullah suatu masyarakat yang dalam buku ini disebut dengan “masyarakat informasional”.
Kiranya perlu disadari bahwa ciri-ciri yang dikemukakan dimuka mungkin belum lengkap dan masih dapat ditambah lagi.Untuk menyusun rangkaian ciri-ciri yang betul-betul lengkap memerlukan penelitian yang sangat mendalam untuk menemukan teori paripurna tentang informasi dan masyarakat. Usaha demikian berada di luar kemampuan penulis dewasa ini.Dan juga ruang lingkup buku inimemang tidak seluas itu. Yang jelas adalah bahwa kiranya ciri-ciri tersebut dipandang cukup untuk memberikan gambaran tentang pengaruh, peranandan implikasi-implikasi sosial yang akandihadapi oleh manusia dalammasyarakat informasional[8].

5.       Upaya Peningkatan Kapasitas SDM

Perlu upaya Peningkatan Kapasitas SDM  dan Penataan dalam pendayagunaan, dengan perencanaan yang matang sesuai dengan kebutuhan, serta pelaksanaannya dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Oleh karena itu, dilakukan:
a.       Meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya informasi serta pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi. Baik dikalangan pemerintah maupun dikalangan masyarakat.
b.      Pemanfaatan sumber daya pendidikan dan pelatihan termasuk perangkat teknologi informasi dan komunikasi baik yang dimiliki oleh lembaga pemerintah maupun non-pemerintah/masyarakat.
c.       Pengembangan pedoman penyelengaraan pendidikan dan pelatihan bagi lembaga pemerintah agar hasil pendidikan dan pelatihan tersebut sesuai dengan kebutuhan.
d.      Peningkatan kapasitas peyelenggaraan pendidikan dan pelatihan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal untuk mengurangi kesenjangan SDM dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
e.        Peningkatan informasi melalui pemberian penghrgaan/ apresiasi kepada seluruh SDM bidang informasi dan komunikasi di pemerintah dan daerah serta masyarakat yang secara aktif mengembangkan inovasi menjadi karya yang bermanfaat bagi pengembangannya.


B. KEBERTERIMAAN WARGA BELAJAR TERHADAP PRODUK TIK


Adapun ini manfaat-manfaat internet dari perkembangan teknologi informasi saat ini adalah sebagai berikut :
  • Bisa mengembangkan kreativitas yang telah kita miliki
  • Mempermudah kita untuk mencari informasi-informasi terbaru
  • Bisa menjalin tali silahturahim dengan teman atau kerabat yang jauh
  • Mencari penghasilan misalnya dengan cara penjualan online atau yang lain-lain
  • Bisa menyalurkan sebuah hobi yang kita miliki, misalnya hobi menulis bisa tersalurkan dengan cara kita menulis sebuah artikel, cerita pendek, novel serta menulis yang lainnya
  • Bisa mencari beberapa informasi tentang lowongan pekerjaan
  • Bisa membantu para pelajar ataupun mahasiswa dalam mengerjakan tugas atau mengerjakan soal-soal latihan secara online, dan masih banyak lagi.

Manfaat itu semua yang menjadikan masyarakat lebih sering menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, apalagi sekarang ini banyak dijual komputer atau laptop dengan harga yang terjangkau sehingga banyak kalangan masyarakat yang sudah memilikinya. Namun, apabila kemajuan teknologi informasi ini tidak didampingi dengan majunya ilmu pengetahuan bisa saja kemajuan teknologi ini bukan menjadi bermanfaat pada si pengguna tapi malah menimbulkan berbagai masalah yang merugikan bagi si pengguna. Oleh karena itu, manfaatkan kecanggihan teknologi informasi ini dengan sebaik-baiknya agar bisa memberikan manfaat kepada kita.
Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggunaan TIK dalam Program Pendidikan Luar Sekolah

Pemilihan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK dalam Pendidikan Luar Sekolah

Pembelajaran Berbasis Web (TIK) dan Model Blended Learning