Penggunaan TIK dalam Program Pendidikan Luar Sekolah

Jika bicara tentang TIK, mungkin yang terpikir adalah kecanggihan. Ya, memang benar. Teknologi informasi dan komunikasi sangat berguna bagi setiap kalangan dalam berbagai kepentingan karena manfaatnya yang sangat terasa. Dalam pembahasan kali ini, kita membahas tentang penggunaan TIK dalam pembelajaran program Pendidikan Luar Sekolah. Berikut pembahasan penggunaan TIK dalam pembelajaran program PLS.


Sumber gambar: semuaharuspandai.blogspot.com


1.Penggunaan TIK dalam pembelajaran program pelatihan.

Sebagaimana kita tahu, dalam pelatihan tidak hanya sekedar tentang menambahkan pengetahuan, tetapi lebih menekankan kepada keterampilan. Dalam hal ini, dapat memungkinkan digunakannya  teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajarannya. Bisa kita contohkan pada pelatihan kursus memasak. Dengan kegunaan TIK pelatih dapat membuat suatu video-video tutorial memasak dan membagikannya pada setiap peserta didik, bisa lewat email, posting youtube, membagikan di grup sosial media, atau dikirim langsung lewat Bluetooth yang ada di Android (butuh tatap muka tentunya). Dengan ini tentunya pelatihan tidak terlalu memerlukan lagi kegiatan pembelajaran tatap muka, walaupun ada dalam suatu waktu kegiatan tatap muka itu diperlukan, tetapi setidaknya proses pembelajaran sudah efisien dan praktis.

2.Penggunaan TIK dalam pembelajaran program pemberdayaan masyarakat.

Memberdayakan masyarakat dapat diartikan sebagai proses menciptakan masayrakat yang mandiri dan terampil sehingga dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat itu sendiri, baik dari segi ekonomi, sosial mauoun budaya. Dalam pemberdayaan masyarakat, kita juga dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana dalam proses pembelajaran. Bisa dicontohkan, pemanfaatan Internet. Di internet, kita dapat mengakses apapun seperti materi-materi pelajaran (bisa disearching di Google) atau video-video pembelajaran (tentunya YouTube yang paling terkenal saat ini) . Disini kita dapat menggunakan Internet untuk memberdayakan masayrakat. Sama hal nya dengan yang saya lakukan saat, memposting artikel, dan dapat diakses oleh orang lain. Dan dalam pemberdayaan masyarakat tentu materi pembelajarannya pun mengarah kepada pemberdayaan. Begitulah contoh dari pembelajaran program pemberdayaan masyarakat lewat internet dengan memposting pembelajaran-pembelajaran tertentu.

3.Penggunaan TIK dalam pembelajaran program penyuluhan atau iklan layanan masyarakat.

Penyuluhan diartikan dengan memberikan arahan kepada seseorang atau sekelompok orang untuk dapat menentukan jalan yang lebih baik. Bagaimana cara memanfaatkan TIK dalam program penyuluhan? Dengan TIK yang sangat mendunia saat ini, kita bisa memanfaatkan sifat mendunia tersebut, seperti contoh sebelumnya dalam penggunaan Internet. Biasanya penyuluhan dilakukan dengan cara tatap muka langsung antara penyuluh dengan sasaran, tetapi dengan adanya TIK, semua itu dapat diminimalisir sehingga pelaksanaan penyuluhan menjadi praktis. Contoh, program penyuluhan KB (keluarga berencana). Kita dapat membuat iklan atau tulisan-tulisan singkat dan membagikannya lewat sosmed ataupun dipasang dipapan iklan Google. Selain itu kita juga dapat membuat video-video pendek tentang apa itu KB dan manfaatnya dan mempostingnya lewat YouTube. Kita juga bisa membuka forum diskusi sosmed tentang program KB tersebut.

Kesimpulan

Pengguna TIK (dalam hal ini terfokus pada pemanfaatan Internet) dalam pembelajaran sangat membantu terciptanya proses pembelajaran yang efisien dan praktis (menurut saya, kalau untuk efektivitas pembelajaran mungkin masih belum, dikarenakan proses pembelajaran jadi sulit terkontrol, tergantung kepada kemauan sasaran atau peserta didik untuk belajar). Dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran, dapat membuat cakupan sasaran yang lebih luas dengan memanfaatkan sifat TIK itu sendiri yang sangat mendunia. Pada proses pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah, TIK sendiri memiliki peran penting sebagai sarana pembelajaran. Hal ini dikarenakan sasaran dari Pendidikan Luar Sekolah biasa nya adalah orang yang memiliki kesibukan-kesibukan (orang dewasa). untuk itu, TIK dapat mengefisiensikan pembelajaran sehingga tidak mengganggu kesibukan sasaran karena tidak harus melakukan pembelajaran tatap muka.

Sumber: dok. Pribadi (pemahaman/opini penulis)

Penulis sangat membutuhkan masukkan dan saran untuk menambah kesempurnaan posting kali ini, untuk itu dimohon kepada para pembaca, jika ada kekeliruan dari postingan saya kali ini, harap memberikan masukkan dan saran di kolom komentar dan saling berbagi pengetahuan.

Semoga bermanfaat ☺️  Terima kasih!

Komentar

  1. Terima kasih banyak admin. Sangat bermanfaat, dan saya setuju dengan pendapat admin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemilihan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK dalam Pendidikan Luar Sekolah

Pembelajaran Berbasis Web (TIK) dan Model Blended Learning